Kamis, 11 Januari 2018

Study Kitab Tafsir Klasik (Nazhm al-Durar)

KATA PENGANTAR
Kepala sama berambut, kecerdasan beda. Mungkin kata itu yang tepat untuk menggambarkan bahwa isi kepala setiap orang pasti berbeda, meski antar satu dengan yang lainnya memiliki ilmu yang sama atau belajar di tempat yang sama.
Hal itu juga berlaku dalam dunia penafsiran. Dan karena juga didukung oleh kecenderungan yang berbeda pula, akhirnya, perbedaan dalam penafsiran adalah hal yang wajar.
Dalam makalah ini, dibahas tentang bagaimana tafsir Nazhm al-Durar karya al-Biqa’i. Semoga bisa memberikan gambara—meski sangat singkat dan terbatas—kepada para pembaca. Semoga.

Jakarta, 21 Desember 2017


   Penulis



PEMBAHASAN
Biografi Penulis
Nama lengkap al-Biqa’i adalah Ibrahim bin Umar bin Hasan al-Ribath bin Ali bin Abi Bakar Abu Hasan Burhanuddin al-Biqa’I asy-Syafi’i.[1] Adil Nuwaihid menyebut nama lengkap al-Biqa’i hanya dengan Ibrahim bin Umar.[2]
Lahir pada tahun 809 H. di desa al-Biqa’i, Syiria. Kemudian ia tinggal dan menetap di Damaskus. Pernah belajar di Baitul Maqdis dan Kairo. Setelah itu, ia kembali ke Damaskus. Ia adalah salah satu murid dari Ibnu Hajar al-‘Asqalani.[3] Selain itu, ia juga pernah menjadi imam di masjid Ruhbah, Kairo, Mesir.[4] Ia wafat pada 885 H.
Ia dikenal sebagai seorang pakar dalam sejarah, hadis, sastra, dan juga seorang mufassir. Yang menjadi ciri khas dari caranya menafsirkan adalah ia pandai dalam menghubung-hubungkn satu ayat dengan ayat yang lain atau satu surat dengan yang lainnya. Bahkan, karenanya, jika ada orang yang tidak hafal al-Qur’an akan terkecoh dan menganggap apa yang ditulis al-Biqa’i adalah al-Qur’an. Bahkan, tidak hanya itu, ia bahkan dituduh sebagai orang yang menambahkan ayat al-Qur’an.[5]
Sebagai seorang ulama, ia memiliki karya-karya ilmiah yang tidak sedikit. Di antaranya adalah:
a.       Nazhm al-Durar
b.      Aswaq al-Asywaq
c.       Al-Qaul al-Mufid fi ilm al-Tajwid
d.      Al-Qaridh li Takfir Ibn al-Faridh
e.       Shawab al-Jawab li al-Sail al-Martab.
Gambaran Umum Nazhm al-Durar
Tafsir yang ditulis al-Biqa’i ini lengkap 30 juz.[6] Tafsir ini disusun dari tahun 865 H. sampai tahun 876 H. dan diterbitkan pertama kali oleh penerbit Dar al-Ma’arif al-Utsmaniyyah, India, atas biaya dari kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Islam. Kemudi diterbitkan lagi oleh penerbit Dar al-Kutub al-Islamiyyah, Kairo, Mesir, dibawah pengawasan Direktur Lembaga al-Ma’arif al-Utsmaniyyah, Syarafuddin Ahmad.  
Jika dilihat dari judulnya, Nazhm al-Durar fi Tanasub al-Ayat wa al-Suwar, kitab ini sebenarnya bisa ditebak bahwa isinya berkaitan dengan munasabah, baik antar ayat maupun antar surat. Dimana cara penafsiran seperti ini dianggap langka oleh para pengkaj tafsir, karena model penafsiran yang baru. Meskipun, al-Biqai sendiri menyatakan—sebagaimana ditulis A. Husnul Hakim—bahwa sebenarnya telah ada orang sebelum dirinya yang menggunakan cara penafsiran seperti ini, namun tidak menyangkup seluruh ayat.
Dalam menafsirkan, al-Biqai mengambil pendapat atau terinspirasi dari beberapa sumber bacaan, di antaranya:
a.       Al-‘Ilm al-Suwar fi Tartb al-Suwar al-Qur’an (Ahmad bin Ibrahim al-Andalusi).
b.      Al-Burhan fi ‘Ulum al-Qur’an, (al-Zarkasyi)
c.       Mafatih al-Ghaib (al-Razi)
d.      Bahr al-Muhith (Ibnu Hayyan)
e.       Al-Kasysyaf (al-Zamakhsyari)
Karakteristik Umum Nazhm al-Durar
Caranya dalam menafsirkan adalah dengan menyebutkan nama surat dan hubungannya dengan surat sebelumnya. Juga, segala hal yang berkaitan dengannya. Ia juga menyebutkan kesesuaian topik-topik yang ada dalam surat itu.[7]
Dalam mejelaskan tentang munasabah ini, al-Biqa’i banyak merujuk pada Miftah al-Bab al-Muqaffal, karya al-Harrali. Asalan mengapa ia melakukan atau menerapkan model penafsiran ala-munasabah seperti ini adalah karena, menurutnya, tidak ada kata selesai dalam mempelajari al-Qur’an. Ia memberikan contoh, bahwa surat al-Nas itu saja, meski berada di akhir urutan mushaf, masih ada kaitannya dengan surat al-Fatihah.
Al-Biqa’i juga menyebutkan beberapa riwayat dan disertai dengan kritik terhadap sanad itu, apakah shahih atau tidak. Tentang israiliyyah, al-Biqai benar-benar berusaha untuk menjauhinya.
Contoh Penafsiran
Penafsiran bil-Ma’tsur
والوصف بهده الأوصاف كما ترى إشارة إلى أمهات الأعمال البدنية والماليه من الأفعال والتروك ، فالإيمان أساس الأمر والصلاة مشار بها إلى التحلي بكل خير والتخلي عن كل شر { إن الصلاة تنهى عن الفحشاء والمنكر } [ العنكبوت : 45 ] وكلاهما من أعمال البدن ، والنفقه عمل مالي ، فحصل بذلك حصر الفعل والترك الضابطين لجميع الأعمال كيف ما تشعبت ، وصرح بالفعل وأومى إلى الترك إيماء لا يفهمه إلا البصراء تسهيلاً على السالكين ، لأن الفعل من حيث هو ولو كان صعباً أيسر على النفس من الكف عما تشتهي .[8]
Teks arab di atas adalah penejelasan yang diberikan al-Biqa’i setelah ia menafsirkan surat al-Baqarah, ayat 1-5. Menurut potongan teks di atas, dapat kita lihat bahwa tafsir al-Biqa’i termasuk tafsir bil-Ma’tsur.
Persoalan Ilmu Kalam
ولما كان القادر قد لايكون ملكاً ، قال دالاًّ على ملكه مادحاً له بالقطع خبراً لمبتدأ محذوف : { الرحمن } مفتتحاً بالوصف المفيض للنعم العامة للطائع والعاصي؛ ثم ذكر خبراً ثانياً دالاً على عموم الرحمة فقال : { على العرش } الحاوي لذلك كله { استوى* } أي أخذ في تدبير ذلك منفرداً ، فخاطب العباد بما يفهمونه من قولهم : فلان استوى ، أي جلس معتدلاً على سرير الملك ، فانفرد بتدبيره وإن لم يكن هناك سرير ولا كون عليه أصلاً ، هذا روح هذه العبارة ، كما أن روح قوله عليه الصلاة والسلام الذي رواه مسلم عن عبد الله بن عمرو رضي الله عنهما « القلوب بين إصبعين من أصابع الله يقلبها كيف شاء » أنه سبحانه وتعالى عظيم القدرة على ذلك ، وهو عليه يسير خفيف كخفته على من هذا الحالة ، وليس المراد أن هناك إصبعاً أصلاً - نبه على ذلك حجة الإسلام الغزالي ، ومنه أخذ الزمخشري أن يد فلان مبسوطة كناية عن جواد وإن لم يكن هناك بد ولا بسط أصلاً .
Bisa kita lihat, dalam menafsirkan kata istawa, al-Biqa’i “memprediksi” penggunaan kata istawa itu karena agar manusia bisa paham. Atau dengan kata lain, Allah Swt. menggunakan bahasa yang bisa dipahami manusia secara umum. Padahal, pada penafsiran selanjutnya, dapat kita lihat babhwa yang dimaksud istawa pada ayat itu, menurut al-Biqa’i, tidak bisa dipahami sebagaimana dhahirnya. Sehingga bisa disebut ia menakwilkan ayat-ayat mutasabihat.
Persolalan Fiqh
{ فاغسلوا } أي لأجل إرادة الصلاة ، ومن هنا يعلم وجوب النية ، لأن فعل العاقل لا يكون إلا مقصوداً ، وفعل المأمور به لأجل الأمر هو النية { وجوهكم } وحدّ الوجه منابت شعر الرأس ومنتهى الذقن طولاً وما بين الأذنين عرضاً ، وليس منه داخل العين وإن كان مأخو ذاً من المواجهة ، لأنه من الحرج ، وكذا إيصال الماء إلى البشرة إذا كثفت اللحية خفف للحرج واكتفى عنه بظاهر اللحية ، وأما العنفقة ونحوها من الشعر الخفيف فيجب { وأيديكم } .
Dari teks di atas, sangat jelas dan detail, al-Biqa’i menyebutkan batasan-batasan wajah. Hanya saja, penulis tidak/belum menemukan penyebutan madzhab tertentu yang dilakukan oleh al-Biqa’i. Namun, jika ditelusuri dalam pencantuman nama al-Biqa’i sebagaimana yang telah penulis paparkan sebelumnya, ia beraliran asy-Syafi’i.
Persoalan Sosial
ولما حث على الصلاة وأرشد إلى أن وقتها لا يصلح لطلب شيء غيرها ، وأنه متى طلب فيه شيء من الدنيا محقت بركته مع ما اكتسب من الإثم ، بين وقت المعاش فقال مبيحاً لهم ما كان حظر عليهم ، ولهذا قال ابن عباس رضي الله عنهما : إن شئت فاخرج وإن شئت فاقعد : { فإذا قضيت الصلاة } أي وقع الفراغ منها على أي وجه كان { فانتشروا } أي فدبوا وتفرقوا مجتهدين في الأرض في ذلك { في الأرض } جميعها إن شئتم ، لا حجر عليكم ولا حرج رخصة من الله لكم { وابتغوا } أي وتعمدوا وكلفوا أنفسكم مجتهدين بالسعي في طلب المعاش { من فضل الله } أي زفلة الملك الأعلى الذي له كل كمال ولا يجب لأحد عليه شيء بالبيع والشراء وغيرهما من مصالح الدين والدنيا التي كنتم نهيتم عنها .
Pada teks di atas dapat dipahami bahwa al-Biqa’i sangat menjelaskan bahwa setelah ibadah shalat, seharusnya kita menyebar ke mana saja, demi untuk mencari penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup.
Persoalan Qira`ah
Penulis belum/tidak menemukan penafsiran al-Biqa’i yang berkaitan dengan qira’at. Dan penulis berkesimpulan bahwa agaknny al-Biqa’i tidak menaruh perhatian terhadap ilmu qira’at dalam penulisan tafsirnya. Misalnya dapat dilihat dalam menafsirkan surat al-Fatihah, ayat 4, dimana biasanya oleh para mufassir yang juga fokus pada  ilmu qira’at, ayat ini selalu menjadi bahan yang tidak lepas dalam pembahasan tafsirnya (dan dibahas juga tafsir dari segi ilmu qira’atnya). 
{ مالِك يوم الدين } ترهيباً من سطوات مجده . قال الحرالّي : واليوم مقدار ما يتم فيه أمر ظاهر ، ثم قال : و { يوم الدين } في الظاهر هو يوم ظهور انفراد الحق بإمضاء المجازاة حيث تسقط دعوى المدعين ، وهو من أول يوم الحشر إلى الخلود فالأبد ،
KESIMPULAN DAN PENUTUP
Dari penjelasan singkat di atas dapat penulis simpulkan bahwa al-Biqa’i adalah mufassir yang langka karena dalam menafsirkan ia memiliki karakteristik baru: menafsirkan al-Qur’an dari segi munasabahnya, baik antar ayat maupun antar surat.
DAFTAR PUSTAKA
Bari, Abdul Majid al-Syaikh Abdil. Al-Riwayat al-Tafsiriyyah fi Fathil Bari. T.t.: Waqf al-Islam al-Khairi, 2006, V. 1
al-Biqa’i, Ibrahim bin Umar bin Hasan. Nazhm al-Durar fi Tanasub al-Ayat wa al-Suwar. Kairo: Dar al-Kutub al-Islami, t.t.
________________ Musharra’ al-Tasawwuf. Mekkah: Abbas Ahmad al-Bari, t.t.
IMZI, A. Husnul Hakim. Ensiklopedi Kitab-kitab Tafsir. Depok: Lingkar Studi al-Qur’an, 2013.
Nuwaihid, Adil. Mu’jam al-Mufassirin. Lebanon: Muassasah Nuwaihid al-Tsaqafiyyah, 1984.




[1] Ibrahim bin Umar bin Hasan, Musharra’ al-Tasawwuf (Mekkah: Abbas Ahmad al-Bari, t.t.)
[2] Adil Nuwaihid, Mu’jam al-Mufassirin (Lebanon: Muassasah Nuwaihid al-Tsaqafiyyah, 1984), h.. 101
[3] Abdul Majid al-Syaikh Abdil Bari, Al-Riwayat al-Tafsiriyyah fi Fathil Bari (T.t.: Waqf al-Islam al-Khairi, 2006), V. 1, h. 53.
[4] A. Husnul Hakim IMZI, Ensiklopedi Kitab-kitab Tafsir (Depok: Lingkar Studi al-Qur’an, 2013), h. 123
[5] A. Husnul Hakim IMZI, Ensiklopedi Kitab-kitab Tafsir, h. 123
[6] Sesuai file kitab ini yang penulis miliki, tafsir ini terdiri dari 22 jilid/volume.
[7] Untuk lebih jelasnya, silakan rujuk lampiran sebagian teks asli kitab Nazhm al-Durar pada akhir makalah ini. Sebagai catatan, dalam menjelaskan awal surat, ada teks asli kitab ini yang tidak disebutkan di Maktabah Syamilah.
[8] Ibrahim bin Umar bin Hasan al-Biqa’i, Nazhm al-Durar fi Tanasub al-Ayat wa al-Suwar (Kairo: Dar al-Kutub al-Islami, t.t.) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Study Kitab Tafsir Klasik (Nazhm al-Durar)

KATA PENGANTAR Kepala sama berambut, kecerdasan beda. Mungkin kata itu yang tepat untuk menggambarkan bahwa isi kepala setiap orang pasti...